BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

™asyiikk . . .

Rabu, 28 September 2011

akibat tanaman kelebihan air


Organ tanaman sayuran banyak yang bersifat sukulen atau mempunyai kandungan air  yang tinggi. Karena air hujan juga mengandung cukup banyak nitrogen maka beberapa  jenis sayuran cenderung lebih mudah pecah pada waktu hujan sebagai contoh  pecahnya batang tanaman melon, pecah buah semangka dan pecah kubis.
Akibat lain dari kebanyakan air bagi tanaman sayuran adalah munculnya gejala layu  karena tanaman keracunan nitrogen. Prosesnya dapat dijelaskan sebagai berikut.  Pada waktu air memenuhi seluruh rongga udara di dalam tanah maka kebutuhan  oksigen akar tidak terpenuhi. Pada kondisi cukup oksigen nitrogen tersedia bagi  tanaman dalam bentuk NH4+ atau NO3- sedangkan pada kondisi anaerob atau  tergenang air ion-ion nitrogen tersebut tereduksi menjadi NO2- yang sangat beracun  bagi tanaman. Sebagian besar tanaman sayuran sangat peka terhadap kebanyakan air.
Kebanyakan air dalam tanah juga menyebabkan rendahnya daya dukung tanah  terhadap tetap tegaknya tanaman menjadi rendah. Hal yang sering terjadi adalah  robohnya tanaman akibat hujan angina meskipun tanaman sudah ditopang dengan  lanjaran.
Gangguan lain yang disebabkan oleh limpahan air hujan adalah keseimbangan nutisi  dalam tanah. Bentuknya dapat berupa rontoknya bunga dan buah serta turunnya mutu  buah khususnya dalam kemanisan buah.
Teknik budidaya yang paling popular digunakan untuk mengurangi kelebihan air adalah  dengan pembuatan saluran drainase. Terdapat dua macam cara pembuatan saluran  drainase yaitu saluran drainase di atas permukaan tanah dan saluran drainase di  bawah permukaan tanah.
Saluran drainase di atas permukaan tanah dimaksudkan untuk mengurangi genangan,  mencegah kejenuhan air yang berkepanjangan dan mempercepat aliran ke arah  pembuangan tanpa terjadinya erosi tanah. Drainase ini mencakup parit-parit  pemasukan dan pembuangan dalam petak penanaman termasuk di dalamnya parit  yang ada diantara bedeng penanaman.
Saluran drainase di bawah permukaan dimaksudkan untuk memindahkan kelebihan air  di dalam tanah. Drainase ini dapat menurunkan tingginya kandungan air baik karena  curah hujan, air irigasi permukaan , limpasan dari dataran yang lebih tinggi, dan air  resapan. Bentuknya bervariasi ada drainase gorong-gorong, drainase batu, drainase  kotak dan drainase bamboo.

0 komentar: